Mahasiswa Universitas Pamulang Mendongeng Bersama Yayasan Peduli Tali Bangsa

Universitas Pamulang adalah universitas yang menerapkan sistem Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tujuan yang harus dicapai oleh perguruan tinggi di Indonesia. Ada tiga point Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu: Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Poin-poin tersebuat diharapkan agar Perguruan Tinggi selayaknya melahirkan para pemuda atau orang-orang terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program studi Sastra Indonesia melaksakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada hari Minggu, 20 Juni 2020. Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelas 04SIDP002 Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang (UNPAM) di Yayasan Peduli Tali Bangsa Ciputat. Dalam pelaksanaanya, terbagi menjadi 3 kelompok pengabdian dengan total 14 orang mahasiswa. Untuk kelompok pertama dengan judul, “Memperkuat Karakter Anak Melalui Media Dongeng”. Untuk judul kelompok kedua yaitu, “Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Media Dongeng”. Sedangkan judul kelompok ketiga yaitu, “Implementasi Nilai-Nilai Dongeng Pada Usia Anak Sekolah Dasar”.

Meskipun dalam pelaksanaanya Dosen Pembimbing berhalangan hadir, namun pihak yayasan tetap menirima dan memakluminya. Dengan dipandu oleh pembawa acara, mahasiswa dan anak-anak yayasan berinteraksi bersama. Masing-masing  kelompok menyampaikan materinya dengan diselingi permainan dan tanya jawab bersama anak-anak yayasan. Pemberian hadiah kepada anak-anak yayasan yang berani menjawab dengan benar saat ditanya. Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Universitas Pamulang, memadukan belajar dengan bermain dengan harapan mengubah perspektif anak bahwa belajar dongeng itu tidak membosankan. Dengan dongeng sebagai bahan dan pokok materi pengabdianya diharapkan anak-anak yayasan dapat memahami dan belajar kembali betapa pentingnya dongeng dalam dunia anak-anak.

Diakhir acara, dari pihak mahasiswa memberikan sebuah cindera mata kepada Yayasan Peduli Tali Bangsa. Masing-masing kelompok memberikan cindera mata beserta donasi berupa buku dan uang santunan. Sesi foto bersama sebagai dokumentasi juga tidak terlewatkan. Foto bersama juga dilakukan bersama masing-masing kelompok dan seluruh kelompok. Sebagai penutup dari pihak yayasan meminta kepada para mahasiswa untuk memberikan donasi kepada anak-anak secara langsung.